7 Trik Rahasia Optimalkan Kamera iPhone

7 Trik Rahasia Optimalkan Kamera iPhone

iPhone dikenal memiliki keunggulan fitur kamera dari para pesaingnya terutama dari kualitas jepretan yang dihasilkan.

Selain itu, iPhone juga unggul untuk digunakan dengan mode selfie dan kemampuan point-and-click, serta untuk pengambilan gambar yang kompleks, menghasilkan gambar dengan warna yang kaya dan detail.

Untuk mendapatkan gambar terbaik, Anda perlu tahu bagaimana cara menggunakan kemera iPhone dengan benar. Saya yakin masih banyak yang belum tahu semuanya, nah cobalah tips berikut ini untuk mendapatkan hasil gambar maksimal dari kamera iPhone kesayangan Anda. 

7 Trik Rahasia Optimalkan Kamera iPhone

1. Bedah fitur tersembunyi

Setidaknya ada dua tools tersebunyi dalam aplikasi Camera yang jarang diketahui pengguna. Pertama, auto-focus adjustment, yang memungkinkan Anda untuk mengatur titik fokus dengan kamera sebelum mengambil gambar.

Fitur tersembunyi kedua adalah auto-exposure adjustment. Serupa dengan auto-focus, Anda perlu menekan pada layar untuk memunculkan fitur tersebut.

Kemudian, geser ke atas atau bawah untuk menambah atau menghapus cahaya dari gambar. Setelah jendela bidik menunjukkan pencahayaan yang diinginkan, bidiklah objek yang Anda incar.

2. Aplikasi tambahan

Aplikasi fotografi gratisan banyak tersedia di toko aplikasi Apple App Store. VSCO adalah salah satunya, yang mana dilengkapi fitur kontrol kecepatan rana dan white balance locking.

Ada pula aplikasi editing foto berbayar Enlight yang telah mendapatkan banyak pujian dari kritikus dan pengguna. Aplikasi seharga US$ 3,99 ini juga telah dinobatkan sebagai salah satu aplikasi terbaik oleh Apple.

Dan yang menjadi aplikasi favorit di kalangan pengguna Instagram adalah Afterlight, yang diisi dengan 75 filter, 78 tekstur, dan 128 frame yang berbeda.

3. Maksimalkan fitur yang ada

Ada sekitar 1,5 juta aplikasi yang tersedia untuk iOS, tetapi untuk sebagian besar fotografer, aplikasi Camera bawaan pada iPhone adalah satu-satunya yang mereka butuhkan. Tapi untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus memanfaatkan fitur-fitur yang ada.

Baca juga  Mac OS Sierra sudah dirilis, inilah System Requirementnya

Misalnya, untuk mendapatkan momen dengan cepat, cobalah membuka aplikasi dari lock screen. Setelah membuka layar iPhone, di sudut sebelah kanan bawah layar kunci, Anda akan menemukan ikon kamera. Geser ke atas dan dalam sekejap, Anda siap untuk mengabadikan momen.

Setelah aplikasi Camera terbuka, Anda akan melihat pilihan di bar atas dan di bawah jendela bidik. Opsi atas memungkinkan Anda untuk mengaktifkan flash, HDR, Live Photo (pada iPhone 6s), timer, dan pilihan untuk kamera depan.

Karena iPhone mampu menangani kondisi cahaya rendah dengan baik, menggunakan lampu flash tidak terlalu diperlukan – kebanyakan fotografer menonaktifkannya.

4. Pilih aksesoris yang tepat

Sama seperti kamera konvensional yang membutuhkan lensa, tripod, tas, dan aksesoris lainnya, demikian juga pada iPhone. Jika Anda ingin menghasilkan foto maksimal, Anda bisa menggunakan tripod Manfrotto dan MeFOTO tripod adaptor.

Dan tentunya Anda juga memerlukan casing yang tak hanya dapat melindungi bodi iPhone, tetapi juga memiliki fungsi lain seperti tombol shutter dan neck strap. Pilihlah casing yang terbuat dari rubber, sehingga Anda bisa merasakan sensasi seperti memegang grip kamera profesional.

5. Gunakan lensa tambahan

Anda juga bisa menggunakan lensa tambahan loh, seperti Moment Lenses yang tersedia dalam dua pilihan lensa yaitu tele dan wide-angle. Ada juga lensa eksternal dari Olloclip yang menawarkan berbagai style seperti 4-in-1 dan pro-level lensa makro. Tapi pakai yang original ya :p .

Olloclip memiliki 4 lensa dalam 2 sisi berlawanan yang dapat dipasang dengan mudah. Keempat lensa itu adalah fish eye dan macro 15x pada satu sisi serta wide angle dan macro 10x pada sisi berlawanannya.

Baca juga  Selamat Ulang Tahun Steve Jobs: Kehidupan Sang Jenius Penemu Apple

Mode macro 15x dan 10x dapat Anda gunakan dengan melepas lensa yang ada di depannya terlebih dahulu.

6. Pakai remote kamera

Menekan lingkaran kecil di bagian bawah aplikasi Camera terkadang cukup sulit. Untungnya ada beberapa pilihan untuk melakukannya dari jarak jauh. Jika Anda memiliki Apple Watch, cukup buka aplikasi Camera untuk dapat memicu rana kamera pada iPhone.

Tapi bila Anda tidak memiliki smartwatch Apple Watch, Anda bisa memilih perangkat tambahan seperti HISY Bluetooth Remote Camera yang memungkinkan Anda membidik foto dari jarak jauh.

7. Tripod cukup penting

Tak kalah pentingnya dengan lensa, stabilizing stand dan tripod adalah aksesoris tambahan lain untuk menghasilkan gambar yang baik. Gekkopod bisa dijadikan pilihan karena perangkat ini bisa diletakkan di mana saja sesuai kebutuhan.

Gekkopod adalah tripod fleksibel yang bisa dikaitkan di batang pohon atau tiang untuk membantu menghasilkan gambar yang tak terduga.

Dan yang paling penting, Gekkopod memiliki desain yang ringan serta tersedia dalam edisi terbatas glow-in-the-dark dan camouflage.

Nah, itulah kira-kira yang bisa saya share tentang 7 Trik Rahasia Optimalkan Kamera iPhone. Kalo ada tambahan silahkan tambah di kolom komentar bawah ini ya.