Berkenalan dan Belajar dengan Composer

Berkenalan dan Belajar dengan Composer

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi mengenai Composer. Buat temen-temen yang belum tau apa itu Composer, mari kita Berkenalan dan Belajar dengan Composer. Silahkan baca penjelasan di bawah ini:

Apa itu Composer?

Composer is a tool for dependency management in PHP. It allows you to declare the libraries your project depends on and it will manage (install/update) them for you.

Kalimat di atas adalah kutipan langsung dari website Composer. Artinya kurang lebih seperti ini: Composer adalah tool yang berfungsi sebagai dependency manager yang dikhususkan untuk PHP. Tool ini dapat membantu anda untuk menginstal librari-librari dalam project anda dan dengan mudah anda dapat melakukan update daripada librari-librari tersebut. Fungsinya hampir sama seperti NPM (Node), Gem (Ruby) atau Maven (Java).

Mungkin anda sering mengalami kesulitan dalam mengatur librari-librari yang anda gunakan dalam sebuah project, apalagi jika librari itu sering diupdate secara berkala. Nah, kehadiran Composer ini akan memudahkan anda dalam mengatur librari-librari tersebut.

Untuk melakukan proses instalasinya, Composer menyediakan dua cara di Linux/Unix/OSX, yaitu Lokal sebagai bagian dari Project itu sendiri, atau secara Global sebagai bagian dari Sistem OS kita yang dikemudian hari bisa digunakan untuk Project lain.

Baca juga  Cara Menginstal dan Menghubungkan PHP dengan SQL Server melalui PDO pada Mac OS

Lokal

Menginstal Composer secara Lokal disarankan untuk menjalankan instalasi di Folder Project kita langsung:

curl sS https://getcomposer.org/installer | php

Nah, sekarang silahkan anda mengetik composer, jika muncul tampilan dibawah ini berarti instalasi berhasil

Instalasi Composer berhasil

Instalasi Composer berhasil

Global

Sebetulnya untuk dapat membuat instalasi Lokal menjadi Global bisa anda lakukan dengan memasukan Folder tempat composer.phar berada ke dalam variable PATH anda, atau anda bisa menyimpan file composer.phar dimanapun, tapi disarankan agar anda memindahkan Composer ke Folder di bawah ini:

mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Sedangkan untuk instalasi di OS Windows, cara yang paling mudah untuk menginstal Composer di Komputer anda adalah dengan mendownload dan menjalankan Composer-Setup.exe. Proses ini akan menginstal versi Composer terbaru dan otomatis menambahkan variabel PATH sehingga anda dapat menjalankan perintah Composer dari Folder manapun.

Selanjutnya anda sudah dapat menggunakan Composer untuk mengatur librari-librari dari Third-Party. PHP sendiri sudah menyediakan repositori dari librari-librari untuk semua framework asal sudah mendukung Composer. Alamat repositori tersebut adalah packagist.org.

Sekian yang bisa saya share mengenai Berkenalan dan Belajar dengan Composer

Baca juga  Cara menginstal PEAR di Mac OS X