Profil Lengkap Noel Gallagher – (Ex-Oasis)


Profil Lengkap Noel Gallagher – Ada banyak alasan kenapa kita menyukai seorang Public Figure, bisa itu dari karyanya, atau mungkin pesonanya, atau hal-hal lain yang membuat kita merasa terinspirasi oleh sosok tersebut. Tidak terkecuali saya sendiri, saya bisa dibilang terinspirasi oleh sosok Noel Gallagher yang tidak lain adalah seorang musisi dari tanah Inggris yang juga mantan punggawa Band Oasis.

Sebetulnya saya relatif menyukai musik yang lahir dari tanah Britania khususnya Inggris sendiri atau biasa disebut Britpop/Britrock, terlebih pada era-90an dimana musik Britpop diramaikan oleh kehadiran band-band besar seperti Oasis, Blur, Suede, Radiohead, Arctic Monkey, atau The Verve, dan banyak yang lainnya.

Nah, kembali ke sosok Noel Gallagher yang didewa-dewakan penggemarnya, saya pribadi menyukai Noel lebih ke karya dan kesederhanaannya dalam bermusik. Menurut saya, musik ala Noel Gallagher (ketika masih bersama Oasis) bisa dibilang sederhana, mudah diterima, tapi penuh makna, ciyee!!. Tapi musisi belum lengkap tanpa kontroversi begitu juga dengan Noel sendiri.

Rivalitas Oasis vs BlurKakak dari Liam Gallagher ini sering diberitakan bertengkar atau adu mulut dengan musisi lainnya seperti dengan Blur yang notabene adalah Rival abadi Oasis, yang tak kalah heboh juga adalah perseteruannya dengan Robbie Williams, walaupun sebetulnya masalah ini lebih ke permasalahan antara Liam dan Robbie. Bahkan yang lebih parah adalah perseteruan dengan adiknya sendiri, Liam Gallagher. Yang menemui puncaknya pada tahun 2009 dan berimbas pada bubarnya band Oasis.

Oke, untuk melengkapi pembahasan tentang seorang Noel Gallagher, mari kita simak profil lengkapnya di bawah ini:

Profil Lengkap Noel Gallagher

  • Profil Lengkap Noel GallagherNama Lengkap
    Noel Thomas David Gallagher
  • Tempat, Tanggal Lahir
    Manchester, England, 29 Mei 1967
  • Pekerjaan
    Musisi, penyanyi, penulis lagu
  • Nama Orang Tua
    Thomas Gallagher & Peggy Gallagher
  • Nama Saudara
    Paul Anthonny Gallagher & William John Paul Gallagher

Noel Gallagher memiliki nama lengkap Noel Thomas David Gallagher, lahir di Burnage, Manchester, Inggris, 29 Mei 1967. Ia adalah seorang penulis lagu dan juga penyanyi, selain juga dikenal sebagai gitaris untuk grup musik Oasis.

Baca juga  The Last Shadow Puppets - Standing Next To Me (Live Acoustic)

Saudara tua, Liam Gallagher yang juga vokalis grup musik Oasis itu dalam perjalanan hidupnya mengalami kekerasan dalam rumah tangganya, dari bapaknya yang pecandu alkohol. Noel bahkan akhirnya menjadi pencandu obat-obatan.

Awal Mula Noel Bergabung dengan Oasis

Oasis - band alternative asal inggris

Noel Gallagher yang saat itu menjadi roadie Inspiral Carpets, pergi menyaksikan band adiknya bermain. Meskipun Noel dan teman-temannya tidak menganggap Oasis bermain cukup spektakuler malam itu, dia mulai mempertimbangkan kemungkinan menggunakan band adiknya sebagai jalan untuk lagu-lagu yang telah ia tulis selama beberapa tahun.

Noel mendatangi Oasis meminta bergabung dengan syarat dia akan menjadi penulis tunggal dan pemimpin band, serta bahwa mereka akan merintis sukses komersial secara sungguh-sungguh. Arthur mengenang, “Dia memiliki segudang ide. Ketika dia baru masuk, kami hanyalah band yang membuat kegaduhan dengan empat macam suara. Tiba-tiba saja, banyak sekali ide baru.”

Oasis bersama Noel Gallagher menggarap konsep musikal yang bersandar pada kesederhanaan, dengan Arthurs dan McGuigan dilarang untuk memainkan not dan chord dasar, McCarroll memainkan ritmik dasar, dan pengeras suara mereka dirancang untuk menghasilkan distorsi. Oasis menciptakan sebuah suara “samasekali tanpa kecekatan dan kerumitan, yang justru menghasilkan suara yang “tak terhentikan”.

Dari tahun ke tahun noel dengan band oasis mengalami kebangkitan/peningkatan popularitas. Spekulasi semakin menyebar bahwa Noel Gallagher sangat ingin menempuh karier solo hingga pada 12 Juli 2009, diumumkan oleh juru bicara Oasis bahwa hal tersebut tidak benar.

Pada 28 Agustus 2009, mengikuti insiden perkelahian antar Gallagher di area belakang panggung yang dilaporkan bahwa Liam sampai merusak gitar Noel, manajer Oasis menumumkan pembatalan konser di festival Rock en Seine hanya beberapa menit sebelum konser dimulai, bersama juga dengan pembatalan seluruh tour Eropa dan sebuah pernyataan bahwa Oasis “sudah tidak ada lagi.”

Dua jam kemudian sbuah pernyataan dari Noel muncul di situs Oasis tertulis bahwa “dengan with sedikit kesedihan dan kelegaan hebat…aku keluar dari Oasis malam ini. Orang boleh menulis dan berkata sesuka mereka, tapi aku benar-benar tidak bisa bekerja dengan Liam sehari lebih lama.” Pada 5 September 2009, dilaporkan bahwa Liam Gallagher berencana untuk melanjutkan Oasis meskipun tanpa kehadiran Noel.

Baca juga  The Last Shadow Puppets - 'Standing Next to Me' (2008)

Noel Gallagher menampilkan konser solo pada 25 dan 26 Maret 2010, sebagai bagian dari rangkaian Teenage Cancer Trust, disamping bersama artis lain seperti Arctic monkeys dan The Who, Noel terus menampilkan lagu-lagu Oasis, seperti yang dulu pernah ia lakukan, termasuk juga membawakan lagu-lagu yang dulunya dinyanyikan oleh Liam. Majalah Inggris, The Sun, memberi Noel lima dari lima bintang atas konser dan penampilannya.

Noel Gallagher memulai karier solonya segera setelah rilis album Different Gear, Still Speeding oleh Beady Eye. Noel menyatakan dalam sebuah jumpa pers bahwa dia memiliki cukup materi untuk dua album. Pada bulan Juli 2011, dia merilis singel perdana “The Death of You and Me”. Disusul pada bulan Oktober 2011, dirilisnya album perdana Noel Gallagher, Noel Gallagher’s High Flying Birds. Album tersebut mendapat penilaian positif dan terjual sebanyak 55.000 copy hanya dalam dua hari pasca rilis dan total sebanyak 122.530 copy pada akhir minggu pertamanya. Nama grup solo Noel sendiri mengacu kepada lagu karya Jefferson Airplane, “High Flying Bird”, yang dirilis pada tahun 1974 melalui album Early Flight.

Kehidupan Pribadi Noel

noel and megg

Berikutnya Noel mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Meg Mathews pada Juni 1997. Di mana saat itu dirinya tengah dalam proses penyiapan album Be Here Now, yang kemudian dirilis Agustus 1997. Namun demikian, ayah dari Anais ini akhirnya bercerai pada January 2001, akibat adanya perempuan lain dalam diri Noel.

Pria yang menyukai sepak bola ini, kemudian menjalin hubungan perempuan Skotlandia, Sara MacDonald. Dari hubungan mereka terlahir bayi, yang menjadi anak kedua bagi Noel.

Video Pilihan